AHLAN WA SAHLAN....

butterfly n rose

Jumat, 30 Mei 2008

Filosofi Patronus


Bagi penggemar Harry Potter, dan yang sudah nonton or baca buku HP seri 3 (the Prisoner of Azkaban) tentu tahu Patronus... yakni suatu sihir yang menjadi tameng yang dipergunakan untuk melawan Dementor,makhluk yg paling menakutkan di Dunia Sihir.
untuk menggunakan mantra Patronum :
katakan "Expecto Patronum", sambil memikirkan tentang kebahagiaan yg pernah kamu alami

ada suatu filosofi menarik yg kuambil ketika Harry diajar oleh Prof.Lupin untuk menggunakan mantra ini

prof. Lupin berkata "Dementor adalah makhluk yg menyerap kebahagiaan manusia, dan menghadirkan kenangan2 buruk dan ketakutan2 dalam diri manusia. Sehingga siapa pun yg ada di sekitarnya akan merasa menjadi orang yang paling merana di dunia. maka untuk melawannya, gunakan Patronus dengan menghadirkan kenangan2 indah yg pernah kamu alami"

maka Harry pun mencoba membayangkan kenangan-kenangan indahnya, yakni kenangannya ketika pertama kali menaiki sapu terbang. Namun ternyata kenangan itu tidak menghasilkan Patronus yg hebat...

Prof.Lupin mengarahkan untuk mencoba kenangan yg lebih indah lagi, dst.. harry pun mencoba terus, sampai pada suatu ketika, Harry berhasil membuat Patronus yg sangat hebat dan sangat kuat, dan menyerupai seekor Rusa, sperti Sprongs, Animags Ayahnya

Prof. Lupin bertanya "Kenangan apakah yg sangat hebat itu?"

Harry menjawab "Sebenarnya itu bukan kenangan,Sir. Melainkan mungkin sebuah impian. Ketika membuat patronus itu, aku membayangkan bagaimana rasanya bila aku bertemu dengan kedua orang tuaku. Itulah impianku yang sangat besar"

dari kisah itu, aku memetik sebuah filosofi:
"Ketika ketakutan dan kesengsaraan melandamu, maka ingatlah kenangan2 indah yg pernah kamu alami untuk menepisnya. Maka ketakutan itu akan sirna."
"Impian dan cita-cita adalah kekuatan terbesar dari manusia yg bisa membuat dirinya mampu mengalahkan segala ketakutan yg ada dalam dirinya"

1 comments:

me , my self and my story mengatakan...

hmmm,..''

Posting Komentar

dari Goodreads